13 September 2019 11:47:55
Ditulis oleh Novi

Kegiatan Rutin Yasinan Ibu-ibu Desa Jombok Setiap Malam Jum'at

http://www.jombok-jatirogo.desa.id

JOMBOK,JATIROGO-Kegiatan yasinan merupakan kegiatan amaliah warga Desa Jombok. Kegiatan  Yasinan dapat meningkatkan, menghayati dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, serta selalu mensyukuri setiap pemberian Tuhan dan mendoakan keselematan pribadi didalam menjalankan tugas harus lebih berdisiplin dalam menjalani hidup beribadah, karena disadari bahwa dilaksanakannya Yasinan adalah untuk memperkokoh iman.

 Kegiatan Yasinan ini dilakukan pada malam jum'at dengan dikuti oleh beberapa ibu-ibu dalam suatu jamaah.Kegiatan yasinan di desa Jombok menggunakan GILIRAN.Biasanya dalam pelaksanaanya disertai prasmanan kecil-kecilan setelah usai pembacaaan surat yasin tersebut.

Kami yang turut serta dalam pembacaan Yasin tersebut merasa semakin akrab dengan warga, selanjutnya kami juga mendapatkan asupan qolbu yang memberi kami ketentraman. Pelajaran lainnya yang kami dapatkan adalah bahwa doa itu bukan hanya ditujukan untuk diri kita sendiri, melainkan doa yang baik adalah doa yang ditujukan untuk orang lain, karena hal tersebut selain berguna bagi orang lain juga akan bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Kemarin malam (12/09/2019) Jama'ah yasin putri juga melaksanakan santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Hasil dari sumbangan ibu-ibu seikhlasnya dikumpulkan dan kemudian dibagi secara merata kepada yatim piatu dan kaum dhuafa yang ada di Dusun Jombok. Hal ini bertujuan agar kita saling berbagi kepada sesama dan pada dasarnya didalam rezeki kita terdapat hak orang lain.

Hikmah dari kegiatan yasinan tersebut diantaranya mempererat tali persaudaraan selaku sesama umat muslim, meningkatkan amalan-amalan ,serta meningkatkan iman dan takwa pada Alloh SWT.Dari sisi lain juga sebagai wadah menambah ilmu dan pengetahuan anggota yasinan tersebut.

Semoga dengan kegiatan rutin tersebut dapat menjadi amal ibadah yg berguna bagi diri sendiri maupun untuk orang yg didoakan.Selain itu kita juga harus menjaga agar amaliah tersebut tidak hilang dalam budaya masyarakat desa Jombok."ujar,Penulis" (opy/jmb)

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus