Artikel

Selametan Masih Menjadi Sebuah Tradisi

14 September 2019 22:29:04  Novi  283 Kali Dibaca  Berita Desa

http://www.jombok-jatirogo.desa.id

JOMBOK,JATIROGO-Selametan adalah sebuah tradisi ritual yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Selametan juga dilakukan oleh masyarakat Sunda dan Madura. Selametan adalah suatu bentuk acara syukuran dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga . Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk yaitu ayam panggang utuh satu ekor.

Bagi kaum santri, selamatan adalah upacara doa bersama dengan seorang pemimpin atau modin yang kemudian diteruskan dengan makan-makan bersama sekadarnya dengan tujuan untuk mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah Yang maha Kuasa,

Sebelum memulai melaksanakan pekerjaan pokok suatu proyek di desa, biasanya kami Pemerintah Desa Jombok melakukan selametan kecil-kecilan. Hal ini bertujuan agar pembangunan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan baik serta dapat berguna bagi masyarakat Desa Jombok.

Upacara slametan merupakan salah satu tradisi yang dianggap dapat menjauhkan diri dari mala petaka. Slametan adalah konsep universal yang di setiap tempat pasti ada dengan nama yang berbeda. Hal ini karena kesadaran akan diri yang lemah di hadapan kekuatan-kekuatan di luar diri manusia. (opy/jmb)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar